Tentang Prodi D3 Keperawatan

Prodi DIII Keperawatan adalah program studi di Universitas Sari Mutiara Indonesia yang memiliki Visi yaitu “Menjadi program studi DIII Keperawatan yang kompeten dan unggul dalam pengembangan ilmu keperawatan terutama keperawatan medikal bedah serta menghasilkan perawat vokasional berkualitas di Sumatera Utara pada tahun 2019”.

Selain itu prodi DIII Keperawatan juga memiliki misi yaitu “ Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien dengan keunggulan asuhan keperawatan medikal bedah, Melaksanakan kegiatan pengembangan IPTEK Keperawatan melalui penelitian yang dilakukan oleh dosen bersama mahasiswa mengacu kepada fenomena-fenomena yang ditemui di masyarakat, Berperan aktif dalam mengembangkan program pengabdian masyarakat dengan mengikutsertakan sivitas akademika, organisasi profesi, asosiasi pendidikan dan pemerintah sebagai upaya mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan Mengembangkan jejaring dalam pendidikan keperawatan ditingkat nasional maupun internasional.

Tujuan Program Studi adalah :

  1. Terlaksananya kurikulum berbasis kompetensi melalui pengembangan strategi pembelajaran metode mutakhir untuk mencapai kompetensi sebagai perawat vokasional dan kompetensi spesifik unggulan dibidang keperawatan medikal bedah sesuai dengan perkembangan IPTEK dan etika profesi.
  2. Menghasilkan lulusan DIII Keperawatan yang :
  1. Memiliki kompetensi dan keunggulan dibidang keperawatan medikal bedah 
  2. Lulus dalam Uji Kompetensi Nasional Diploma III Keperawatan.
  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif rata-rata 3,50.
  4. Memiliki kemampuan komunikasi dan soft skill yang baik.
  5. Memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai Standar Kompetensi lulusan Diploma III Keperawatan Nasional dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  6. Mampu bekerjasama dengan anggota tim kesehatan dalam memberikan pelayanan keperawatan dan kesehatan.
  1. Terlaksananya penelitian inovatif, baik secara kuantitas maupun kualitas.
  2.   Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan sivitas akademika sebagai

upaya membantu mencegah dan menyelesaikan masalah–masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

  1. Terwujudnya jejaring kerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri.

 

Prodi DIII Keperawatan telah terakreditasi dengan nilai “B” dari LAMPTKes No. 0513/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2016. Muatan kurikulum yang digunakan pada program ini mengacu kepada kerangka kualifikasiNasional Indonesia (KKNI) dan berbasis praktikum yang mengintegrasikan kemampuan teori dan praktik. Gelar akademik program studi ini adalah AM.Kep (Ahli Madya Keperawatan).  Dengan model pembinaan dan kurikulum yang dijalankan mahasiswa program studi ini telah banyak meraih prestasi baik tingkat regional maupun nasional.